6 Tips Bermain Pokemon Go



Meskipun Indonesia belum kebagian game Pokemon Go, namun tidak ada salahnya kamu memahami tips-tips bermain Pokemon Go, supaya ketika rilis resmi nanti, kamu bisa bermain dengan baik. Kamu yang sudah mencoba aplikasi tidak resmi dari Niantic sebaiknya berhati-hati, karena ada rumor bahwa Niantic Labs akan menerapkan sanksi bagi mereka yang bermain di luar jadwal rilis tiap negara.
Kami telah merangkum setidaknya 6 tips bermain Pokemon Go.
Langkah Pertama
Saat pertama kali memulai permainan, kamu bisa memodifikasi tampilan Pokemon trainermu mulai dari jenis kelamin, warna baju, celana, mata, rambut, hingga sepatu. Kamu juga bisa memilih nama trainermu, yang akan dipakai untuk mengidentifikasi trainermu di dunia Pokemon Go. Setelah itu, Professor Pokemon terbaru Professor Willow akan menjelaskan sekilas tentang misimu di dunia Pokemon, dan tutorial cara menangkap Pokemon. Terdapat 3 jenis Pokemon yang bisa dipilih, yakni Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle. Di sini kamu juga bisa menikmati teknologi Augmented Reality yang disematkan Niantic ke dalam game Pokemon.
Tangkap Pokemon
Satu hal yang membedakan game Pokemon Go dengan game-game Pokemon lainnya adalah cara menangkap Pokemon. Jika dalam game Pokemon lain kamu harus memperlemah Pokemon dengan bertarung antarpokemon, hal ini tidak akan ditemukan di dalam Pokemon Go. Untuk menangkap Pokemon, kamu harus melempar Pokeball dengan jitu sampai Pokemon tertarik masuk ke dalam Pokeball. Kestabilan ponsel dan akurasi menembak jadi kuncinya. Selain itu perlu diperhatikan jumlah Pokeball yang kamu punya, sebab untuk menangkap seekor Pokemon diperlukan lebih dari sekali usaha.
Pokemon juga dapat ditemukan di tempat-tempat tertentu di dunia nyata, di tempat-tempat umum maupun tempat-tempat yang tak terduga. Kamu tidak akan menemukan Pokemon jika kamu tidak mulai berkeliling sambil memperhatikan peta di mana kamu berada. Meski beberapa orang mengatakan ada cara curang untuk berpetualang di dunia Pokemon Go, namun hal ini sangat berisiko menghadapi sanksi dari Niantic Labs.
Pokemon di dalam Pokemon Go juga dapat berevolusi. Namun cara evolusinya juga berbeda dibandingkan game Pokemon lainnya. Pokemon di dalam Pokemon Go memerlukan Stardust (debu bintang) dan Candies (permen). Stardust diperoleh saat berjalan-jalan di dunia nyata, ditunjukkan oleh titik-titik yang bertabur dedaunan hijau. Sementara itu Candies diperoleh setiap kali menangkap Pokemon. Setiap Pokemon memerlukan Candies yang berbeda-beda, oleh karena itu untuk mengevolusi seekor Pokemon, kamu perlu menangkap banyak Pokemon yang sama.
Kunjungi PokeStops dan Pokemon Gym
PokeStops dan Pokemon Gym diletakkan di tempat-tempat tertentu di lingkunganmu. Kunjungi PokeStops untuk mendapatkan items gratis. Kamu harus cukup dekat untuk memutar gambar dalam PokeStops dan mengklaim item gratis yang disediakan. Sedangkan Pokemon Gym merupakan satu-satunya tempat untuk bertarung antarpokemon. Dalam pertarungan, cuma ada 2 pilihan yakni tap untuk menyerang dan swipe untuk menghindar. Kemenangan ditentukan dari CP (combat power) milik Pokemonmu. Kamu bisa berkunjung ke Pokemon Gym kalau kamu berhasil mencapai level 5. Kalau kamu orang pertama yang mengunjungi Gym, kamu bisa meninggalkan Pokemon untuk mempertahankan Gym tersebut. Kamu juga harus bergabung dengan salah satu dari 3 tim yang ada, dan menyerang Gym lain akan menurunkan prestis Gym tersebut, dan jika prestis mencapai nilai 0, tim pemilik Gym akan kehilangan kontrol atas Gym tersebut.
Membeli PokeCoins
Kamu bisa bermain Pokemon Go dengan gratis, namun jika kamu ingin membeli item-item di dalam game dan mengupgrade perlengkapan, kamu harus membayar. Berikut ini adalah harga PokeCoins.
  • 100 PokeCoins: $1.49
  • 550 PokeCoins: $7.99
  • 1200 PokeCoins: $14.99
  • 2500 PokeCoins: $30.99
  • 5200 PokeCoins: $62.99
  • 14500 PokeCoins: $159.99
Sementara berikut adalah harga item yang dapat dibeli dengan PokeCoins.
  • 20 Pokeballs: 100
  • 100 Pokeballs: 460
  • 200 Pokeballs: 800
  • 1 Incense: 80
  • 8 Incense: 500
  • 25 Incense: 1250
  • 1 Lucky Egg: 80
  • 8 Lucky Eggs: 500
  • 25 Lucky Eggs: 1250
  • 1 Lure Module: 100
  • 8 Lure Module: 680
  • Egg Incubator: 150
  • Bag Upgrade: 200
  • Pokemon Storage Upgrade: 200
Meskipun item tersebut bisa dibeli, namun tidak perlu khawatir karena asal kamu bersabar, kamu bisa mendapatkan item yang diperlukan dengan mengunjungi PokeStops.
Baterai Cadangan
Isu tentang game Pokemon Go yang menghabiskan banyak energi baterai benar adanya. Wired telah mencoba permainan ini, dan dalam waktu 3 jam saja seluruh isi baterai telah habis terpakai. Oleh karena itu ada baiknya untuk membawa baterai cadangan atau power bank saat bermain. Perlu diperhatikan pula bahwa saat menjalankan game, ponsel akan terasa panas. Kamu perlu mengistirahatkan ponsel kamu untuk menjaga umur ponsel agar tidak cepat rusak.
Bawa Pelindung Diri
Kalau kamu mengeksplorasi lingkungan di siang hari, pastikan kamu memakai pelindung tubuh yang memadai, misalnya topi, jaket, dan sunblock kalau diperlukan. Kamu juga perlu memperhatikan lingkungan sekitar, jangan sampai lengah dan terjadi hal yang tidak diinginkan. Perhatikan kondisi jalanan, kendaraan lain yang lewat, dan kamu juga bisa menikmati lingkungan sekitar yang mungkin tidak pernah kamu perhatikan sebelumnya.

Artikel Pokémon Go Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top