9 Hal yang Kamu Perlu Tahu Saat Bermain Pokemon Go


Sudah berapa lama kamu bermain Pokemon Go? Ya, game ini memang mengasyikkan sekaligus menyehatkan karena menyarankan orang lebih banyak keluar. Nah, barangkali ada hal-hal yang belum kamu tahu saat bermain Pokemon Go, berikut 9 hal yang kamu perlu tahu supaya pengalamanmu bermain Pokemon Go semakin optimal.
Menangkap Pokemon membutuhkan strategi
Penangkapan Pokemon memerlukan pengalaman dan strategi yang mumpuni. Mungkin hal yang mudah kalau kamu menangkap Pokemon dengan CP (combat power) rendah, namun ketika kamu mencoba menangkap Pokemon dengan CP di atas 100 atau bahkan di atas 300, maka perencanaan dan strategi mutlak diperlukan. Sebab, Pokemon-Pokemon dengan CP tinggi tidak akan dengan mudah masuk ke dalam Pokeball atau bahkan melarikan diri saat kamu bertemu dengan mereka.
Kalau kamu sudah pernah menangkap Pokemon, maka kamu akan menemukan lingkaran pada Pokemon saat kamu menahan Pokeball. Lingkaran tersebut bervariasi warnanya. Hijau menunjukkan bahwa Pokemon tersebut mudah ditangkap, kuning menandai agak susah ditangkap, sedangkan merah memastikan bahwa kamu akan kesulitan dalam menangkap Pokemon tersebut. Nah, untuk mendapatkan hasil optimal, kamu bisa menahan Pokeball sampai lingkaran tersebut mengecil. Semakin kecil lingkaran, maka semakin tinggi pula peluang kamu untuk menangkap Pokemon tersebut, meskipun semakin sulit pula usahamu melempar Pokeball. Pada Pokemon berlingkaran hijau, kamu bisa melempar Pokeball meskipun lingkarannya masih berukuran besar, sebab tidak akan sulit Pokemon tersebut masuk ke dalam Pokeball.

Kamu juga bisa mengkombinasikan strategi melempar Pokeball dengan item seperti Raz berries. Raz berries bisa kamu dapatkan di PokeStops setelah kamu mencapai level 5 ke atas. Dengan memberikan Raz berry pada Pokemon liar, maka akan lebih mudah buatmu untuk menangkapnya. Selain itu, nantinya kamu bisa mendapatkan Great ball, Ultra ball, dan Master ball saat levelmu tinggi nanti.
Battle Pokemon
Terdapat 2 perintah saat battle Pokemon di Pokemon Gym, yakni tap dan swipe. Tap digunakan untuk menyerang, yang tentu saja digunakan dengan cara men-tap Pokemon lawan. Sementara swipe digunakan untuk menghindar dari serangan lawan. Kamu bisa meluncurkan serangan spesial milik Pokemonmu dengan tap dan tahan Pokemon lawan hingga bar berwarna biru mencapai level penuh.
Terdapat 2 bagian battle. Pertama, battle dengan teman satu tim. Battle ini merupakan pertarungan 1 lawan 1. Jika kamu menang maka kamu akan mendapatkan EXP. Kedua, battle dengan tim lawan (berbeda warna. Untuk memilih tim). Di dalam battle ini kamu bisa memilih hingga 6 Pokemon untuk melawan seluruh anggota gym yang dikuasai tim lawan. Jika menang, kamu akan mendapatkan EXP yang lebih besar. Selain itu, prestige gym lawan juga akan berkurang.
Menetaskan telur
Untuk menetaskan telur, kamu perlu berjalan-jalan dengan jarak tempuh tertentu, misalnya 2 km, 5 km, atau 10 km. Kamu juga harus berjalan-jalan dengan kecepatan rendah, sehingga mengendarai kendaraan yang melaju kencang tidak akan memberi dampak signifikan terhadap jarak tempuh untuk penetasan telur. Kamu juga tidak bisa menggunakan treadmill sebab jarak tersebut dihitung dengan menggunakan GPS, sehingga secara teknis kamu harus  berpindah tempat. Kamu harus memasukkan telur tersebut ke dalam egg incubator. Egg incubator tambahan bisa kamu beli dari Shop dengan uang betulan.
Aplikasi harus selalu terbuka
Baterai merupakan masalah besar saat memainkan Pokemon Go. Apalagi, saat aplikasi tidak dijalankan, jarak tempuh tidak akan dihitung, apalagi Pokemon liar dan PokeStops juga tidak akan terdeteksi. Ini merupakan salah satu problem dalam Pokemon Go. Sebaiknya kamu memasang headphone saat berada di jalanan ketimbang harus memegang ponsel yang akan membahayakan sebab mengalihkan perhatianmu dari jalanan. Saat ada Pokemon liar muncul maupun berada di dekat PokeStops, aplikasi akan memberikan bunyi tertentu.
Serang Gym musuh terus-menerus
Untuk mengambil alih gym dari tim lawan, kamu harus menyerang gym tersebut terus-menerus hingga prestige mencapai nilai 0. Saat itulah semua anggota gym harus keluar dari gym dan kamu bisa langsung mendudukinya. Jadi, persiapkan banyak Potion saat menyerang gym lawan. Setelah Pokemonmu selesai bertarung, segera sembuhkan dan mulai pertarungan kembali hingga prestige habis.
Jaga Gym dan dapatkan bonus
Setelah kamu menduduki sebuah gym (baik menjadi anggota maupun ketua Gym), kamu akan mendapatkan bonus berupa EXP dan Pokecoins. Jadi selain dibeli dengan uang asli, Pokecoins dapat diperoleh setelah kamu menjaga gym dalam jangka waktu tertentu.
Mengevolusi Pokemon dan dapatkan EXP
Kalau kamu mengevolusi Pokemon, kamu akan mendapatkan 500 EXP. Jadi jika di sekitar rumahmu banyak Rattata, kamu bisa mengumpulkan Rattata Candy yang cukup banyak dan mengevolusi banyak Rattata menjadi Raticate. Meskipun Pokemon ini bukan Pokemon utama, fokus utamamu adalah mendapatkan EXP.
Kapan mengembangkan Pokemon, kapan mencari Pokemon
Hal ini adalah kelemahan Pokemon Go. Pokemon liar bisa jadi memiliki EXP yang jauh lebih tinggi ketimbang Pokemon yang sengaja kamu naikkan levelnya atau kamu evolusikan. Jadi, mungkin saja saat kamu susah payah mengembangkan Pokemon, nantinya Pokemon tersebut kamu transfer ke Professor Willow karena mendapatkan Pokemon dengan EXP yang lebih baik.
Melacak Pokemon
Ada sebuah fitur pelacakan Pokemon di bagian kanan bawah. Semakin rendah jumlah jejak maka semakin dekat lokasimu dengan lokasi Pokemon tersebut. Kamu bisa bergerak berdasarkan jumlah jejak tersebut. Jika jumlah jejak bertambah artinya kamu harus berbalik arah.

Artikel Pokémon Go Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top